Headlines News :
Home » » Menu Ibu Hamil Supaya Berat Bayi Tidak Kurang

Menu Ibu Hamil Supaya Berat Bayi Tidak Kurang

Written By Unknown on Saturday, February 23, 2013 | 11:04 PM


Menu Ibu Hamil Supaya Berat Bayi Tidak Kurang (Ibu Hamil - pregnant123.blogspot.com) - Peningkatan berat badan pada saat kehamilan adalah hal mutlak didalam pengawasan ibu hamil. Kenapa ? Dikarenakan kelebihan ataupun kekurangan nutrisi bisa mengakibatkan hal yang tidak di idamkan, layaknya berlangsungnya anemia, abortus ( keguguran ), infeksi, bayi terlampau besar atau terlampau kecil, serta lain sebagainya. 

Sepanjang masa kehamilan, banyak ibu hamil yang berasumsi mesti makan sebanyak-banyaknya, dengan alasan ibu hamil makan untuk dua orang. Hal demikianlah sebenarnya tidaklah pas. Yang benar yaitu ibu hamil mesti makan secukupnya, berarti jumlah yang dikonsumsi mesti cocok keperluan. Di antara parameter yang termudah untuk menilai kecukupan nutrisi pada ibu hamil melewati peningkatan berat badan. Adapun peningkatan berat badan yang baik pada ibu hamil pada 6, 5 – 16 kg. 

Sesungguhnya berapakah jumlah kalori yang dibutuhkan ibu hamil sepanjang masa kehamilannya ? pada kehamilan trimester 1 serta 2 ( hingga umur kehamilan 6 bln. ), dibutuhkan tambahan 150 kkal dari keperluan ibu sehari-hari. Namun kehamilan trimester ke 3 ( 7-9 bln. ) Dibutuhkan tambahan 300 kkal. Lantas, type makanan apa saja yang baiknya dikonsumsi agar bayi lahir dengan berat badan cukup ? 

Sudah pasti makanan dengan gizi lengkap serta seimbang, di mana jumlah kalori yang didapatkan sesuai dengan umur kehamilan ibu. Pada umur kehamilan 8 bln., hingga dibutuhkan tambahan kalori lebih kurang 300 kkal dari makanan yang umumnya dikonsumsi. Type makanan yang dikonsumsi mesti memiliki kandungan cukup karbohidrat, protein ( baik hewani ataupun nabati ), lemak, vit., mineral, serat, serta air. 

Perumpamaan menu diet untuk ibu hami (berat badan umum) diperkirakan lebih kurang 1900-2000 kkal : 
  • sarapan : kwetiaw rebus ( kwetiaw basah 100 rg + udang kupas 20 gr + daging ayam 30 gr + kol iris 20 gr + wortel potong korek api 30 gr ) 
  • selingan pagi : kue talam 1 potong 
  • makan siang : nasi 150 gr + ikan kakap saos lemon 100 gr + perkedel tempe panggang 50 gr + orak arik kol wortel 100 gr 
  • selingan sore : selada buah saos yoghurt 130 gr 
  • makan malam : nasi 100 gr + daging yakiniku 100 gr + tahu bumbu kuning 60 gr + sup bayam jagung 100 gr 
  • selingan malam : macam-macam buah potong 150 gr 


Di bawah ini saya berikanlah sebagian perumpamaan makanan yang memiliki kandungan lebih kurang 300 kkal serta dapat diberikan sebagai tambahan selingan, layaknya : 
  • susu full cream 2x 1 hari sejumlah 200 ml 
  • roti sandwich ( roti 2 lembar + telur 1 butir + keju 1 lembar + sayuran ) 
  • kue-kue layaknya risoles, kroket, perkedel kentang isi daging, macaroni isi daging, dan sebagainya.



Source : kompas.com
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Ibu Hamil - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template